INGATLAH BAHWA UMUR KITA SANGAT PENDEK!!

Ingatlah Bahwa Umur Kita Sangat Pendek
Saudaraku, tahukah kita, bahwa usia kita terus bergerak.. bertambah pada hitungannya. Tapi sejatinya ia berkurang. usia kita hanya sepanjang nafas kita. dunia dan akhirat adalah 1:1000. dan umur kita paling2 hanya sampai 60 atau 70. ketika nafas kita habis, maka habis pulalah umur kita. Semisal kita di beri umur 60. jadi 60 tahun di bagi dengan 1000 di kalikan 24 jam. jadi hasilnya adalah kita hanya hidup 1 jam 44 menit di akhirat. SubhanAllah sangat pendek sekali! bayangkan! hidup hanya 1 jam 44 menit!
 
 Mari kita perhatikan dialog penuh hikmah seorang salafu shalih Hasan Al-Bashri. suatu ketika bliau bertanya kepada para orang tua "wahai orang yang sudah lanjut usia, apa yang ditunggu dari tanaman yang sudah tua?" mereka pun menjawab serentak "panen raya!" bliaupun lalu mengingatkan para pemuda yang ada di sekitarnya dengan nasihat, "wahai para pemuda, terkadang tanaman yang masih muda itu bisa rusak dan mati karena terkena hama atau penyakit sehingga ia tidak bisa ke masa panen raya."
Saudaraku, pesan Hasan Al-Bashri ini begitu jelas. malaikat maut datang secara tiba-tiba. tidak harus menunggu usia kita mencapai masa tua, 60 atau 70 tahun. bisa jadi hari ini hari terakhir kita menikmati segarnya udara di pagi hari, indahnya cahaya matahari di pagi hari, dan berkelipnya bulan di waktu malam.  perhatikanlah kaliamt musahabbah ini "tengoklah perjalanan hidup kita. bukankah 15 tahun diantaranya adalah masa anak-anakdan remaja dan masa kebodohan? lalu, masa 30 sampai 70 jika anda mencapai usia itu, adalah kelemahan fisik. bukankah sebagian besar umur itu kita gunakan untuk makan, minum, mencari nafkah, tidur? dan bukankah hanya sebagian kecil waktu yang kita gunakan untuk beribadah?
 
Saudaraku, nasehat ini begitu menggugah kesadaran. ungkapannya menyentuh, "tahukah kamu bahwa setiap satu helai rambut yang sudah berubah putih akan berkata kepada rambut yang berada di sampingnya, 'saudaraku, sesunggunhya kematian telah dekat, siapkah kamu menghadapinya?' tahukah kamu tatkala kamu sakit, salah satu organ tubuh menasehati organ yang lain 'saudaraku, inilah tanda-tanda yang pasti bahwa bahwa pesan dari langit telah disampaikan kepada pemilik tubuh?' sadarkah kamu bahwa uban dan penyakit itu adalah utusan Allah kepada kita, yang bertugas memberitahukan bahwa ajar sudah dekat?"
 
Saudaraku, sudah berumur berapakah kita sekarang? Imam Ibnu al-Jauzi berkata "wajib bagi setiap orang, tatkala usianya mencapai empat puluh tahun, untuk memusatkan perhatiannya pada persiapan perbekalan menuju akhirat. menuju kepada perjalanan yang sangat panjang. dan menyadari sepenuhnya apapun yang akan dihadapinya nanti kelak di akhirat. Setiap hari, hendaknya ia selalu siaga untuk melakukan perjalanan panjangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar