Agar Anak Tak Mudah Berkata Kasar

Agar Anak Tak Mudah Berkata Kasar

Menurut psikolog Rizki Washarti Siregar, BA, M.Psi, antara usia 1 hingga 1.5 tahun, bayi biasanya mengucapkan kata pertamanya. Kata pertama, biasanya merupakan perpanjangan dari kegiatan babbling dan juga merupakan kata yang lazim didengar oleh bayi, sehingga sering merupakan kata “mama” atau pun “papa”.

Sekitar usia 2 tahun, anak umumnya sudah bisa mengucapkan beberapa kata. Pada usia 3 tahun rata-rata anak sudah dapat mengucapkan kalimat-kalimat. Inilah yang biasa dianggap oleh orang tua sebagai tanda mampu bicara dan menjadi istilah yang sering disebut “cerewet”.
“Anak biasanya akan senang berbicara dan mulai bertanya mengenai berbagai hal dan mengucapkan kalimat : ”Ini apa?” Hal ini sebenarnya juga disebabkan oleh perkembangan kognitif anak. Otak anak semakin berkembang dan anak mulai mengenal dunia selain dirinya sendiri,”
Mengajarkan Berbahasa Yang Baik
Agar anak Anda tumbuh menjadi anak yang pandai berbahasa, tak ada salahnya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini :

Ciptakan lingkungan yang positif
Anak biasanya belajar dari lingkungan terdekat dan umumnya lingkungan terdekat itu adalah keluarga terutama orangtua. Maka sebagai orangtua, sebaiknya harus dipastikan terlebih dahulu bahwa mereka sendiri tidaklah memiliki kebiasaan berkata kasar. Sebaiknya jauhkan pula anak Anda dari lingkungan yang hanya membawa dampak negatif.

“Pribadi yang tidak mudah berkata kasar umumnya adalah pribadi yang merasa nyaman dengan dirinya, memiliki sikap dan pandangan yang positif dan besar di lingkungan yang positif pula. Oleh karena itu, sebisa mungkin ciptakanlah lingkungan yang positif buat anak,” terang Kiki.

Perkenalkan lagu anak-anak
Sebaiknya di usai anak perkenalkanlah anak pada lagu anak-ana,k daripada membiarkan anak-anak mendengarkan lagu dewasa.

Tayangan yang mendidik
Usia anak-anak gemar sekali melihat tayangan yang ada di televisi. Maka pilihlah tayangan yang bermutu dan mendidik untuk anak, walaupun itu film kartun sekalipun. Lebih baik lagi jika Anda mendampingi anak Anda menonton, agar jika ada pertanyaan dari anak tentang kata-kata yang didengarnya, Anda bisa langsung menjelaskannya.

Membiasakan mendongeng
Metode mendongeng akan mengenalkan anak kepada kosakata baru sehingga akan menambah perbendaharaan kata anak. Selain itu, anak juga akan belajar norma-norma sosial yang positif, mempererat hubungan anak dan orangtua, dan menumbuhkan rasa nyaman pada anak.

“Maka masih banyak anak yang takut pada gelap atau takut tidur sendiri karena di usia 2-7 tahun cara mereka berpikir masih fokus pada fantasi sehingga banyak yang takut akan hantu, monster dan hal-hal lain yang sering diasosiasikan dengan kegelapan,”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar