Anjuran Menghindari Perdebatan

Rosuluallah saw bersabda, " Aku jamin rumah di dasar surga bagi yang menghindari berdebat sekalipun ia benar, dan aku jamin rumah di tengah surga bagi yang menghindari dusta walaupun dalam keadaan bercanda, dan aku jamin rumah di puncak surga bagi yang baik akhlaknya. (HR. Abu Daud)

pelajaran yang dapat kita ambil faedahnya dari hadist diatas:

1. Hindarilah berdebat
Berdebat sering kali memicu perpecahan. Karena dengan berdebat maka akan terjadi perselisihan pendapat baik dalam ucapan, bahasa tubuh hingga akhirnya berujung pada perpecahan dan permusuhan.

Berdebat akan membuang waktu dan pikiran dengan percuma. Karena setiap manusia memiliki hak untuk berpendapat yang pasti belum tentu sama maka sia sialah usaha kita untuk berusaha memaksakan kehendak ego dengan berdebat.

Berdebat bisa membuat sesuatu yang benar menjadi salah dan sesuatu yang salah menjadi benar. Karena yang menjadi pemenang dalam debat adalah mereka yang mampu memutar balikkan kata- kata, bukti, bahasa sehingga suatu yang salah seakan bisa jadi benar. Sedangkan yang namanya kebenaran itu tidak perlu untuk diperdebatkan karena tidak akan berubah kedudukan kebenaran dimata Alloh secerdik apapun kita mengelak, karena semua yang perbuat akan kau pertanggung jawabkan kelak di hari pembalasan.

pertanyaan2
P:nah lantas bagaimana ?
A:hindari perdebatan saudaraku,... apakah kamu menolak janji Rosul mu?
P:tentu saja tidak saudaraku, lantas bagaimana kita mengutarakan kebenaran?
A:sangat wajib hukumnya mengatakan kebenaran walapun itu pahit. namun tidak ada ajaran untuk memaksakan kehendak kepada orang lain, kewajiban kita hanya menyampaikan saja saudaraku.
P:lalu ketika kita rapat dalam memutuskan kebijakan pasti akan terjadi ketegangan dan debat, bagaimana menghindari hal tersebut?
A: dalam memutuskan kebijakan secara bersama Islam mengajarkan untuk musyawarah mencapai mufakat. musyawarah yang berarti berpikir bersama, berdiskusi, menyampaikan pendapat untuk mengambil keputusan bersama. dan mufakat adalah kesepakatan bersama yang harus diterima oleh semua pihak untuk bertanggung jawab terhadap keputusan yang telah diambil. bila terjadi ketegangan dan debat maka musyawarah ditunda untuk sementara dan di tutup yang akan dilanjutkan di kemudian hari. karena salah satu syarat musyawarah adalah peserta dalam kondisi sehat akal ( tidak gila), sedangkan jika ada peserta yang tegang dan debat itu merupakan peserta yang dalam keadaan tidak sehat akal maka musyawarah dihentikan keadaan tenang kembali.

2. Jangan berdusta walau cuma iseng atau bercanda
Dusta atau bohong dapat merugikan orang lain yang mempercayai perkataanya dan orang lain yang dibicarakan. Dusta akan menimbulkan fitnah. fitnah akan menimbulkan permusuhan dan perpecahan. karena fitnah lebih kejam daripada pembunuhan.

3. Menjadi manusia yang berakhlak mulia
Jadikanlah Al quran dan Hadist sebagai pedoman dalam berperilaku InsyAlloh kau akan menjadi pribadi yang berakhlak mulia. Dan manusia yang paling baik akhlaknya adalah Rosul Muhammad SAW. maka hendaklah kita teladani ucapan, perilaku dan perbuatan beliau. Dan tidakkah kau tau bahwa Muhammad SAW dikenal sebagai Al quran yang berjalan.
Wallahu'alam bissawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar